TipsMu | Menaikan Berat Badan Tanpa Suplemen, Obat, dan Susu Mahal - TodayMu.com

Cara Asik Membaca Apa Yang Ada di Internet

Post Top Ad

TipsMu | Menaikan Berat Badan Tanpa Suplemen, Obat, dan Susu Mahal

TipsMu | Menaikan Berat Badan Tanpa Suplemen, Obat, dan Susu Mahal

Share This


Bagi yang postur tubuhnya kurus bahkan jika diitung pake apa itu lupa gue, masuk dalam kategori tidak ideal pasti bikin kita gak PD yakan? artikel ini berdasar dari pengalaman pribadi yang berjuang menaikan berat badan.

Berat badan sebelumnya 44 Kg, dan Alhamdulillah sekarang udah bisa sampai 60 Kg, tapi ingat ini gak cepat dan gak instan. Ini kagak pakai suplemen, kagak pake ke-Gym dsb. tapi kamu harus beneran bersabar dan memberikan waktu untuk melakukan program ini.

Dulu gue sendiri hampir tertarik beli susu yang harganya di atas 1 jutaa, yang memang sih terbukti bisa cepet gedein masa otot karena kandungan protein yang tinggi, tapi harganya itu loh, sedangkan gaji gue aja duh.

Pengen beli supleman yang beredar di instagram tapi takut kalau nanti gak cocok malah menimbulkan efek samping. pengen juga ikut ke-Gym biar bisa bentuk otot dan menambah berat badan.

Akhirnya semuanya diatas gak saya lakukan nih, gue ngelakuin cara sendiri tapi rutin dan beberapa kali gagal, udah naik eh turun lagi. cara ini saya lakukan hampir 2 tahun, inget 2 tahun ya, hampir tapi belum sampai. karena ini memang saya lakukan tanpai pakai modal gede-gedean. dah lah langsung saja.

courtesy : bonytobeastly.com

Jadi program yang saya lakukan ini terbagi menjadi 2, Pertama olahraga rumahan dan ke dua merubah pola makan.

Melakukan olahraga beban seperti ke-gym memang beneran bisa menambah berat badan karena masa otot kita bertambah, ya karena saya gak mau ke-Gym ya karena dana nya gak ada, akhirnya menginstall aplikasi di smartphone,berjudul Home Workout No equipment ( Olahraga beban Rumahan tanpa Alat ), pokoknya yang iconnya orang push up dengan latar merah, itu yang saya pakai.

Disini kesabaran dan ketelatenan di uji, jadi di aplikasi ini saya pakai yang Jadlwa 28 hari dibagi menjadi 2 latihan yakni Upper dan Lower, Upper adalah latihan untuk anggota tubuh atas, latihannya seperti push up dll. Lower adalah untuk tubuh ke bawah, pinggang sampai kaki. Nanti di tiap stepnya, hari pertama sampai selanjutnya akan berbeda jumlah latihannya, akan semakin berat.

jadwal yang saya bikin adalah, seminggu 4 kali, Senin untuk Upper, Selasa Lower, Rabu Libur, Kamis Upper, Jumat lower, Sabtu minggu libur. 

Untuk yang pertama melakukan jangan kaget kalau nanti badan akan sakit-sakit semua, bahkan timbul niat gak mungkin bisa untuk melakukan step selanjutnya, itu hanya sementara tetep lakukan step selanjutnya walau masih ada rasa sedikit sakit/ pegal, tapi jangan dipaksakan, kalau memang tidak kuat, misal harus push up 14 kali tapi hanya kuat 6 atau 8 yang sampai situ aja.

Apa fungsi Latihan tersebut? selain untuk pembentukan masa otot juga sebagai penambah nafsu makan, nah ini nanti yang penting. kebanyakan orang malas makan nah itu juga yang menjadi fakto tubuh kurus.

source : bonytobeastly.com

Selanjutnya adalah perubahan pola makan, Biasanya kita makan sehari 3 kali, nah saya merubahnya menjadi 4 kali, Pagi, Siang, Sore dan Malam. Gak harus dengan porsi besar-besar tapi cukup di tambah jam makannya. Apakah harus makan daging dll? ya kalau mau lebih cepet makan daging, tapi saya gak begitu, karena emang gak ada dana lah beli daging tiap hari yakaliii. Saya makan apa adanya yang penting sehari 4 kali.

Jam berapa saya melakukan latihan? biasanya saya jam 5 sore atau habis magrib, saya lakukan 1 jam sebelum atau sesudah makan jam sore.

nah untuk malamnya sendiri saya makan jam 9 malam. Tapi ya jangan terus makan sayur terus, sesekali telur, ayam kalau ada duit, sebulan sekali. Juga bisa beli Susu biasa, UHT rekomended, terserah apa mereknya, sebulan sekali, kalau gak bisa ya gak papa.

Nah kalian lakukan percobaan dulu di jadwal 28 Hari latihan tersebut, dengan menggunaan pola makan yang sudah di rubah, Latihan tersebut tidak harus menggunakan jadwal seperti saya, seminggu 4 kali, kalian bisa 5 - 6 tapi jangan seminggu full, karena tubuh juga perlu istirahat.

Saya sempat turun beberapa kali karena berhenti berolahraga dan nafsu makan turun, juga beberapa kali sakit flu. saat flu atau sakit demam memang jangan dipaksakan untuk berolahraga berat.

Silahkan dicoba untuk latihan pertama, sebelum melakukan program ini timbang berat badan kamu dengan timbangan digital. catet, lakukan program ini 28 hari lalu timbang berat lagi, kalau berhasil share ke gue yak.

oiya untuk latihan yang 28 hari itu kalau progressnya selesai, ulangi lagi dari awal. yuhuuu. tengkyu, semoga berhasil, btw gue masih terus melakukan program ini karena memang target belum terpenuhi.


Image source : VectorStock.com/13375493  and bonytobeastly.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad