Tips Mempertahankan Pertemanan di Dunia Maya maupun Dunia Nyata - TodayMu.com - Informatif Edukatif Inspiratif

Inovatif, Kreatif, Edukatif, Inspiratif dan Berbeda

Post Top Ad

Tips Mempertahankan Pertemanan di Dunia Maya maupun Dunia Nyata

Tips Mempertahankan Pertemanan di Dunia Maya maupun Dunia Nyata

Share This
Pernah punya temen tiba-tiba jadi musuh gara-gara hanya beda pendapat? dari obrolan grup whatsapp keluarga hanya karena beda pilihan presiden, beda pemahaman, akhirnya berujung debat adu mulut, tidak mengakui sebagai keluarga, blokir, batalkan pertemanan, unfollow, unsubsribe dan lain sebagainya
Memang menjadi dilema disekitaran kita, sekaligus termasuk menjadi isu yang besar dan perlu diperhatikan, segala hal yang kita ketik, yang kita perbincangkan akan sangat mudah menjadi sebuah perdebatan jika kita tidak bijak dalam membuat tulisan dan tema.

Nah kali ini, TodayMu bakal ngasi kalian Tips buat kalian, agar jalinan komunikasi kalian terhadap siapapun aman dan gak mudah putus, ya kaliii kayak punya gebetan aja terus mudah putus. langsung aja mari!

1. Hindari Perbincangan Politik

Yah, walau ada juga sih yang bilang, "Kita itu harus melek Politik". itu kalau kita beneran dewasa dan paham tentang politik, lah saat ini kita yang tidak ada basic perpolitikan ikutan nimbrung di sebuah thread politik dan kemudian merasa seolah-olah udah ahli politik. Nah jika kamu sedang bersama teman atau di dunia mayapun terlibat dalam sebuah perbincangan, hindari membahas politik! Kalau ada temen yang memulainya duluan gimana? tugas kamu adalah memotong dan membuat jalur perbincangan keluar dari ranah itu, jika kalian tidak bisa, cukup diam saja jangan ikut membalas ( entah itu kalian sepaham dengan pilihan politk teman atau tidak ).

2. Hindari Debat

Inih yang paling sering membuat kita yang tadinya kawanan menjadi musuhan, debat yang tidak bijak dan cerdas, pada akhirnya hanya akan menjadi sebuah debat kusir yang tidak ada faedah sama sekali!

Pikirkan sekalilagi, waktu berharga kalian gunakan hanya untuk membalas komentar-komentar dari orang yang kita tidak tahu sama sekali latar belakang dari mereka. cara terbaik adalah jangan pernah masuk kesebuah debat kecuali itu adalah sebuah diskusi sehat.


3. Jangan Pernah Membahas Agama atau Pemahaman

Jika kalian bersama teman yang berbeda agama atau se agama tapi beda pemahaman, jangan sekali-kali membuat perbincangan dimana kita seolah-olah membandingkan satu sama lain kemudian mencari yang paling unggul dan benar.

Kalian boleh memperbincangkan hal itu untuk sekedar sharing dan bertukar pikiran dan wawasan, tapi ingat dan harus digaris bawahi yakni, jika diantara kalian semua adalah orang yang selalu berpikir bijak dan lurus. bukan orang-orang yangb berpikiran "radikal" maupun orang yang sangat Fanatik. Fanatik boleh, tapi jangan kalian keluarkan, tapi simpan dalam hati kalian jangan pernah mengeluarkan menjadi sebuah perkataan!

4. Selalu Berpikir Open-Mind

Open-Mind adalah hal yang sangat perlu dikampanyekan saat ini, Open-mind adalah kebijaksanaan dalam melakukan sesuatu, dimana sebelum kita berbicara, sebelum kita menulis dan sebagainya, kita berpikir kedepan, kira-kira apa yang kita akan lakukan nantinya akan berakibat negatif atau tidak? akan membuat orang sakit hati atau tidak? akan membuat profokasi atau tidak?

4 Tips di atas adalah yang paling penting yang harus selalu kita perhatikan dalam menjalin komunikasi kesesama teman dan kerabat. yang perlu kita ketahui, bahwa mencari orang pintar saat ini adalah sangat mudah, tapi mencari orang yang bijak adalah hal sangat sulit, perbandingannya jauh.

Saat kita bertemu Orang Pintar disitulah saat kita menuntut ilmu, Disaat kita bertemu dengan orang yang tidak lebih pintar dari kita, disitulah saat kita mengajarinya, Disaat kita bertemu dengan orang bodoh tapi banyak bicara, disitulah saat kita diam dan menjauhinya,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad