Yuk Kenalan Sama David Si Pendiri Tumblr - TodayMu.com - Informatif Edukatif Inspiratif

Inovatif, Kreatif, Edukatif, Inspiratif dan Berbeda

Post Top Ad

Yuk Kenalan Sama David Si Pendiri Tumblr

Yuk Kenalan Sama David Si Pendiri Tumblr

Share This
Yuk Kenalan Sama David Si Pendiri Tumblr
Siapa yang gak kenal dengan David Karp udah Muda, cerdas, ples kaya raya. Yap dialah si pendiri Tumblr. Tumblr yang pastinya buat kamu yang hobi blogging tau lah situs ini.

Sejak didirikan pada tahun 2007, Tumblr sudah menjadi rumah bagi 105 juta blog yang dimiliki oleh orang-orang dari segala penjuru dunia. wow sekali bukan?

Yuk kita caritahu lebih tentang sosok muda yang inspiratif bagi kita yang ingin bisa sukses seperti dia, David Karp lahir pada tanggal 6 Juli 1986 di Manhattan, New York. dan dia besar disana. sejak 11 tahun, David emang sudah senang ama koding, dia mulai belajar tentang HTML dan merancang website. saat kecil, Karp sebenarnya sempat bercita-cita untuk  bisa kuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Namun, saat usianya masih 14 tahun, dia sudah mulai merasa bosan dengan sekolah. dan you know lah.

Ibunya David, yakni Mr. Barbara Ackerman, adalah orang yang paling berperan dalam membuka jalan bagi kesuksesan anaknya itu. dari artikel NYTimes.com yang ditulis oleh Jenna Wortham dan Nick Bilton, diceritakan tentang perkenalan David dengan Fred Seibert, seorang produser TV ternama di AS. ditahun 2000. saat itu David berusia 14 tahun dan sudah duduk di bangku SMA. Sementara Seibert masih bekerja sebagai creative director di MTV. 

Ibunya David nih, yang bekerja sebagai guru sains di Calhoun School, sekolah swasta di kawasan Upper West Side, Manhattan, mengajar anak-anak Seibert dan berteman baik dengan istrinya. nah sama istri Seibert, ibu David nyeritain tentang anaknya yang cerdas, yang tengah merasa bosan dengan sekolahnya. Mendengar itu, istri Seibert menyarankan ibu David untuk mempertemukan David dengan suaminya. dan inilah awal mulanya.

David pun main kantor Seibert di kawasan Park Avanue. saat ketemu Seibert, dia mengatakan ingin belajar soal engineering. Akhirnya, Seibert menerima David untuk magang sebagai asistennya. 

Nah disuatu hari, David datang ke kantor Seibert dan mengatakan akan datang ke sana setiap hari karena dia sudah drop out dari SMA. Seibert tahu kalau David gemar mengutak-atik komputer dan mengerti HTML. Jadi dia meminta David membangun website untuk perusahaan barunya, Next New Networks, yang bergerak di bidang video production.

Seibert bercerita, David memberi tahu dia tentang bagaimana orang-orang akan menonton video di masa depan. Saat itu, Apple baru akan merilis iPod video. Berkat wawasan dari David itu, Next New Networks bisa menjadi salah satu produk video pertama di iTunes, hingga akhirnya diakuisisi oleh Google melalui YouTube. that's it!

Kerja sama antara Seibert dengan David masih terjalin. Seibert bahkan tercatat sebagai investor di Tumblr dan duduk di jajaran direksi perusahaan tersebut. 

David Karp adalah anak yang cerdas. Pendiam dan cenderung tertutup. diakuinya sendiri. Dia lebih suka datang lebih pagi ke kantor untuk bekerja dengan tenang.

"Saat di mana saya merasa paling produktif adalah ketika saya tenggelam dalam kode, tenggelam dalam beberapa proyek, dan mengutak-atik desain," kata David dalam sebuah acara Founders Conference yang berlangsung di New York. 

Ketika remaja, kebanyakan waktunya dia habiskan untuk bermain dengan komputernya di kamar.  Melihat David "lengket" dengan komputer, alih-alih menyuruh anaknya bermain di luar rumah dan menghirup udara segar, sang ibu malah menyarankan anaknya itu untuk drop out dan mengikuti "homeschooling". 

"Aku melihat dia di sekolah seharian dan menghabiskan waktunya semalaman di depan komputer," kata ibu David [NYTimes]. "Sangat jelas bahwa David membutuhkan ruang untuk menghidupkan passion-nya, yakni komputer," lanjut ibunya.

Di usia 15 tahun, akhirnya David drop out dari Bronx High School of Science. Selama 3 tahun berikutnya, dia menjalani homeschooling. sekolah dirumah.

Diusianya 18 tahun, Karp memutuskan untuk langsung menapaki dunia kerja. Dia sempat pergi ke Tokyo, Jepang, dan bekerja di sebuah startup (perusahaan rintisan) bernama UrbanBaby, yang menyediakan layanan online parenting bagi para orangtua. Ketika para remaja sepantarannya belajar di bangku kuliah, David sudah menjabat sebagai Head of Product di UrbanBaby. keren sekali bukan?

Dan di tahun 2006, CNET Networks mengakuisisi UrbanBaby. David akhirnya kembali ke AS. Jabatan terakhirnya ketika itu adalah chief technology officer (CTO) di UrbanBaby. Setelah akuisisi itu, pada tahun yang sama, David mengundurkan diri dan membangun sebuah perusahaan konsultan miliknya sendiri. Perusahaan itu bernama Davidville. Salah satu proyek yang dia kerjakan di Davidville adalah layanan blog sederhana yang berkembang menjadi Tumblr. cikal bakalnya dari situ.

Sebelum Yahoo mengumumkan membeli Tumblr silam, Tumblr sudah bernilai lebih dari 200 juta dollar AS WOW. Emang dasarnya orang kaya yang sederhana, hal itu tidak membuat David hidup dalam kemewahan. Sehari-hari, David lebih suka mengendarai Vespa dari tempat tinggalnya di kawasan Brooklyn menuju markas Tumblr di New York. David yang bertubuh tinggi ramping juga lebih suka tampil kasual dalam balutan jeans, T-shirt, dan sneakers. beda banget sama ............ ( isi sendiri )

David sendiri masuk ke dalam kelompok kecil entrepreneur muda kaya raya yang usianya di bawah 30 tahun, menemani pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Dan di tahun ini ada kabar mengejutkan, bahwa David Karp akan segera mengundurkan diri dari situs yang didirikannya. CEO muda berusia 30 tahun itu mengumumkan pengunduran dirinya lewat sebuah posting di blog pribadinya.

Konglomerasi media Oath tempat Tumblr bernaung pasca akuisisi Yahoo oleh Verizon membenarkan pengumuman Karp lewat sebuah pernyataan.

“David Karp akan meninggalkan Oath akhir tahun ini,” sebut Oath. “Kami berterima kasih atas komitmen dan passion David dalam mendorong pertumbuhan Tumblr sehingga memiliki 360 juta blog dan 155 miliar posting,”

Tumblr diakuisisi oleh Yahoo senilai 1,1 miliar dollar pada 2013. Kemudian, pada 2017, giliran Yahoo yang dibeli oleh Verizon sehingga status Karp ikut beralih dari pegawai Yahoo menjadi pegawai Verizon. Dalam akuisisi oleh Verizon, Tumblr merupakan bagian dari gabungan aset-aset Yahoo dan AOL yang kemudian disebut sebagai Oath.

David sendiri belum merinci apa yang bakal dilakukannnya setelah keluar dari perusahaan yang diasuh selama satu dekade itu. Karp hanya mengatakan telah lama menimbang-nimbang langkah tersebut.

Sulit rasanya menulis kata-kata ini, tapi saya tahu Tumblr kini berada di tangan yang lebih baik dibanding saya sendiri,” tulis Karp dalam posting pengumumannya. “Mohon dimengerti bahwa keputusan ini saya ambil setelah refleksi berbulan-bulan tentang ambisi prbadi.” semoga makin sukses kedepannya.

sumber : kompas | NYTimes | TheVerge | CNN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad