Komputer Mac Bakalan Bisa Dikontrol Dengan Gesture - TodayMu.com - Informatif Edukatif Inspiratif

TodayMu.com - Informatif Edukatif Inspiratif

Inovatif, Kreatif, Edukatif, Inspiratif dan Berbeda

Post Top Ad

Komputer Mac Bakalan Bisa Dikontrol Dengan Gesture

Komputer Mac Bakalan Bisa Dikontrol Dengan Gesture

Share This
Komputer Mac Bakalan Bisa Dikontrol Dengan Gesture
Kita pastinya udah sering yak lihat teknologi-teknologi canggih di film-film Hollywood seperti mengoperasikan komputer dengan Gesture alias gerakan tangan, dan nampaknya yang ada di film fiksi dimasa mendatang akan segera terwujud setelah Apple memenangkan hak panten untuk teknologi tersebut.

United States Patents and Trademark Office (USPTO) baru aja mengesahkan sebanyak 69 paten baru milik Apple. Dan salah satu paten yang menarik perhatian adalah penggunaan gerakan tangan untuk mengontrol komputer Mac.

PrimeSense perusahaan yang berasal dari Israel yang diakuisisi Apple pada 2013 lalu adalah di balik pengajuan paten baru tersebut. Teknologi dalam paten ini menggunakan sistem kamera TrueDepth yang mendukung Face ID seperti di iPhone X.

Paten baru tersebut menjelaskan soal metode yang dipakai komputer yang menjalankan antarmuka 3D non-peraba. Komputer tersebut dilengkapi dengan sensor penginderaan, sehingga bisa mendeteksi berdasarkan kumpulan koordinat 3D saat tangan digerakan. Dilansir dari Patently Apple, 

The invention covers a method, including receiving, by a computer executing a non-tactile three dimensional (3D) user interface, a set of multiple 3D coordinates representing a gesture by a hand positioned within a field of view of a sensing device coupled to the computer.

Jadi gesture-gesture yang didukung komputer yang menjalankan antarmuka 3D tersebut adalah seperti mendorong, melambaikan tangan, mengangkat tangan, dan lainnya. Metode ini mirip seperti teknologi yang dimiliki Microsoft Kinect buatan PrimeSense.

Datangnya paten ini juga bisa mengindikasikan bahwa komputer Mac bakal segera mendukung fitur keamanan Face ID di masa mendatang. Sebelumnya fitur lain dari iPhone yaitu Touch ID sudah disematkan di komputer Mac. Jadi fitur keamanan baru dengan wajah bukan tidak mukan bakal menyambangi komputer Mac. makin canggih aja kan kalau kita bayangin.

Tapi belum diketahui pasti kapan Apple bakal mengimplementasikan teknologi dalam patennya sendiri. Tunggu ajah dah!

source : [kompas] image : [macrummors]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad