Hadiah Sebanyak Rp 375 Miliar Dari Google Hilang Tanpa Pemenang - TodayMu.com

Cara Asik Membaca Apa Yang Ada di Internet

Post Top Ad

Hadiah Sebanyak Rp 375 Miliar Dari Google Hilang Tanpa Pemenang

Hadiah Sebanyak Rp 375 Miliar Dari Google Hilang Tanpa Pemenang

Share This
Hadiah Sebanyak Rp 375 Miliar Dari Google Hilang Tanpa Pemenang
Sudah lebih dari satu dekade, Google bersama organisasi independen Xprize Foundation mengumumkan sayembara Lunar Xprize dengan hadiah yang gede gila gaes, berhadiah 30 juta dollar AS (Rp 375 miliar). Tapi untuk meraih hadiah gede itu, tim peserta harus berhasil mendaratkan wahana antariksa di bulan.
Tapi sayang sekale, hingga menjelang deadline kompetisi pada 31 Maret 2018, tim-tim peserta dari sejumlah perusahaan swasta tak ada satu pun yang sudah melakukan cukup persiapan untuk bisa terbang ke bulan. Hadiah senilai ratusan miliar dari Lunar Xprize pun dipastikan bakal melayang tanpa pemenang.


Sampai sekarang ini masih ada lima tim yang aktif dalam lomba Lunar Xprize. Kelimanya mengalami masalah masing-masing sehingga tak mampu menyelesaikan proyek sebelum lewat tenggat waktu. duh kasian sekali dah!

Today, we announce that after consulting our teams over the last few months, that there will not be a launch by March 31st, 2018, and our grand prize will go unclaimed. We are exploring a number of ways to proceed, to continue to support our teams
— Google Lunar XPRIZE (@glxp) January 23, 2018 source  : https://t.co/n2jQ8lKWcX

SpaceIL asal Israel salah satu tim peserta, mengatakan bahwa mereka terkendala kekurangan dana. Tiga lainnya, tim Moon Express dari Amerika Serikat, TeamIndus dari India, Hakuto dari Jepang, dan Synergy Moon (internasional, dari beberapa negara) tidak siap untuk meluncurkan wahananya tahun ini.

Google sebenarnya sudah berkali-kali memolorkan deadline kompetisi Lunar Xprize. Dari rencananya diakhiri pada 2012 -lima tahun setelah dimulai pada 2007- dimundurkan menjadi 2014, kemudian mundur lagi menjadi 2015, lantas 2017, hingga terakhir 2018.

"Google saat ini tak berencana memundurkan deadline lagi. Meski demikian, kami senang dengan kemajuan yang dibuat oleh tim-tim peserta dalam sepuluh tahun terakhir," sebut seorang juru bicara Google dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dirangkum sumber CNBC, Sabtu (27/1/2018).

Walaupun hadiah utama kayaknya gak bakal terealisasikan didapat peserta, Lunar Xprize sudah memberikan hadiah milestone sebesar 5,25 juta dollar AS atau Rp 65 miliar kepada para peserta karena membuat pencapaian tertentu.

Para peserta Lunar Xprize sudah berhasil mendemonstrasikan aneka hardware dan software ciptaan mereka untuk mendaratkan wahana di bulan, lalu menjelajahi satelit Bumi tersebut sambil memotret dan merekam video. Ongkos pengembangannya lebih rendah jika dibandingkan dengan misi-misi luar angkasa yang dijalankan pemerintah.

Tujuan sayembara Lunar Xprize sendiri memang untuk mendorong penciptaan wahana penjelajah antariksa dengan biaya rendah oleh pihak swasta. Boleh jadi teknologi yang dibikin oleh para pesertanya nanti bakal membantu kegiatan eksporasi luar angkasa di masa mendatang.

sumber : detik tekno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad