Dengan Sinar Laser, Google akan Salurkan Internet Cepat - TodayMu.com - Informatif Edukatif Inspiratif

TodayMu.com - Informatif Edukatif Inspiratif

Inovatif, Kreatif, Edukatif, Inspiratif dan Berbeda

Post Top Ad

Dengan Sinar Laser, Google akan Salurkan Internet Cepat

Dengan Sinar Laser, Google akan Salurkan Internet Cepat

Share This
Alphabet selaku induk dari raksasa teknologi yakni Google baru-baru ini telah meresmikan kesepakatan dengan pemerintah India untuk mempercepat jaringan internet tanpa menggunakan kabel fiber optik (wireless).

Jadi Google akan mengganti kabel fiber otpik dengan teknologi optik laser untuk meningkatkan kecepatan internet, menggunakan sistem koneksi point-to-point (PTP).

Tim eksperiman Google yakni Google X akan memulai proyek ini pada 2018 dengan memasang 2.000 kotak optik yang dipasang dengan jarak tiap 20 kilometer. Proyek ini rencananya ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan akses internet cepat ke jutaan penduduk di negara bagian Andhra Pradesh, India

Kotak-kotak optik laser yang saling terhubung akan menjadi backbone untuk menyalurkan koneksi Wi-Fi. Backbone merupakan saluran atau koneksi dengan kecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan. Jadi backbone itu seperti 'jalan tol' sebuah jaringan agar penduduk bisa mengakses internet lebih cepat menggunakan smartphone sederhana.

Google X mengklaim akan menggunakan teknologi laser optik yang mampu mentransmisikan data melalui cahaya dengan kecepatan 20 gigabit per detik (20 Gbps). Capaian ini diklaim melampaui kecepatan maksimal yang dihantarkan dengan gelombang radio tradisional.

"Bandwidth yang tersedia cukup bagi ribuan orang untuk berselancar (browsing) secara bersamaan melalui menara BTS yang sama", jelas Google X.

Proyek ini merupakan proyek spinoff dari proyek Alphabet sebelumnya, yakni Project Loon yang berupaya memberikan akses internet di wilayah terpencil dengan media balon udara.

Teknologi optical link di atas disebut bisa terhubung dengan balon-balon penyebar internet Google, namun Alphabet belum menjelaskan lebih rinci bagaimana pengaruhnya. berharap semoga Indonesia juga kebagian mendapat teknologi ini, agar semua netizen senang. 

di ambil dari : Kompas Tekno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad