Kini Muhammadiyah Punya Universitas di Malaysia - TodayMu.com

Cara Asik Membaca Apa Yang Ada di Internet

Post Top Ad

Kini Muhammadiyah Punya Universitas di Malaysia

Kini Muhammadiyah Punya Universitas di Malaysia

Share This


Kabar membanggakan datang dari salah satu Organisasi Islam tertua di Indonesia nih, yaitu Muhammadiyah. Muhammadiyah akhirnya memiliki satu kampus di Negeri Jiran Malaysia. Setelah keluarnya izin pendirian universitas dari pemerintah setempat pada 5 Agustus 2021.

Jabatan Pendidikan Tinggi pada Kementerian Pengajian Tinggi Malaysia telah memberikan Izin pendirian Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) di bawah syarikat UCM Konsortium Sdn. Bhd. 

Setelah mendapatkan pengesahan dari Pemerintah Malaysia, Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah bergerak cepat dengan mempersiapkan beasiswa terbuka bagi siapa saja yang ingin menempuh pendidikan di UMAM. mantab sekali bukan.

"Pada saatnya akan kami buka. Sesuai tradisi Muhammadiyah, membantu pendidikan seluruh warga bangsa," ungkap Pak Haedar Nashir Ketua Umum PP Muhammadiyah, melalui jumpa pers virtual, pada Kamis 12 Agustus 2021.

Dari laman resmi muhammadiyah.or.id, perjuangan yang sungguh sungguh sudah dimulai sejak awal 2017 melalui tim yang dibentuk oleh PP Muhammadiyah, antara lain dengan mendirikan University Consortium Muhammadiyah Malaysia (UCMM Konsortium) bersama para pihak di Malaysia.

Bambang Setiaji selaku Koordinator Tim Pembentukan UMAM mengatakan, untuk saat ini pemberian beasiswa hanya disediakan untuk guru-guru di lembaga pendidikan milik Muhammadiyah yang masih kecil dan aktivis Muhammadiyah. Akan tetapi, jika UMAM telah beroperasi, maka beasiswa akan terbuka untuk siapa saja yang menginginkannya.

"Jadi beasiswa untuk sementara akan diberikan bagi dosen-dosen di perguruan tinggi Muhammadiyah yang masih kecil dan aktivis-aktivis Muhammadiyah. Karena untuk pendanaan masih belum begitu luas," ungkapnya.

Berdasarkan Surat Kelulusan UMAM bernomor JPT/BPP(U)1000-801/172 Jld.(6) tanggal 5 Agustus 2021, terdapat 15 program studi yang terdiri dari 5 program studi PhD, 5 Program Studi Master dan 5 Program Studi Bachelor.

Usaha pendirian UMAM memperoleh dukungan dan persetujuan dari Pemerintah Indonesia melalui Rekomendasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang ditandatangani Menteri Nadiem Anwar Makarim tanggal 7 September 2020.

Selain itu, pendirian Universitas Muhammadiyah Malaysia ini mendapat dukungan dari Kerajaan Perlis di Malaysia melalui Raja Faizuddin Putra dan Mufti Negeri Perlis Mohd Asri bin Zainul Abidin dengan surat tanggal 8 Oktober 2020.

Selamat Muhammadiyah, semakin menyinari keseluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad