Apa Yang Harus Kamu Lakukan Saat Tsunami Datang? - TodayMu.com

Cara Asik Membaca Apa Yang Ada di Internet

Post Top Ad

Apa Yang Harus Kamu Lakukan Saat Tsunami Datang?

Apa Yang Harus Kamu Lakukan Saat Tsunami Datang?

Share This


Baru-baru ini kita dapat info dari berbagai media di internet, katanya bakal ada gempa besar dari lempengan megathrust, yang dapat menghasilkan tsunami setinggi 20 meter yang akan melanda di pantai selatan Jawa. tapi biar lebih otentik terkait kabar tersebut lebih baiknya kita bisa baca dari sumber terpercayanya dulu, kalian bisa membaca disini suara.com / tsunami 20 meter dan cnbc indonesia , 

nah sebagai antisipasi dan kewaspadaan terhadap bencana yang bisa datang kapan saja, kita perlu tahu dan sigap dong, apa yang harus kita lakukan saat dihadapi sebuah bencana.

nah sekenarionya gini gaes, kalian sedang main ke pantai ya, Tsunami terjadi jika terjadi gempa, bisa gempa tektonik, tapi bisa jga karena longsoran bawah laut, atau meteor jatuh. Nah jika kalian mengalami gempa besar, gak usah pikir panjang langsung ikuti jalur evakuasi saja, tapi jika tidak merasakan gempa, Tsunami diawali dengan surutnya air laut secara tidak wajar ( tidak seperti pada normalnya ).

Jika hal itu terjadi, segeralah untuk menjauh, jika masih belum yakin itu tsunami, lihat di lautan depan, jika muncul garis hitam panjang atau ombak tinggi di kejauhan nah itu bisa juga sebagai tanda Tsunami.

Segera cari tempat tinggi, bia tower provider, pohon kelapa, bangunan tinggi yang kuat, atau cari bukit. Gak usah sibuk pengen ngerekam moment, lari dulu ke tempat yang aman, Ingat, jangan pernah kamu mencoba mengambil motor atau mobil untuk melarikan diri, justru itu lebih membahayakan.

Jika terjadi bencana otomatis orang akan panik, semua sibuk berlari, jalan bisa sempit dan akhirnya justru menghambat melarikan diri sedangkan tsunami makin dekat dan.............. jadi paling tepat adalah lari ketempat yang lebih tinggi dan kuat. 

Saat gelombang pertama menerjang tetaplah fokus, jika kamu berada di bukit pastikan bukitnya bukan berada di zona yang mudah longsor, Jika kamu berada di tower provider pastikan jauh dari benda yang mengandung listriki, jika kamu berada di pohon pastikan kamu tidak akan terkena tabrakan benda yang dibawa tsunami.

setelah gelombang pertama surut, jangan buru-buru turun, karena tsunami biasanya akan datang lebih dari 2 dan gelombang paling besar justru datang di gelombang ke-2. tetaplah berada di tempat aman sampai benar-benar air dipantai berada dibatas normalnya.

Tapi kita berharapnya semoga tidak terjadi apa-apa di negeri kita ya gaes, misalkan takdir berkata lain kita sudah siap dalam menghadapinya

sumber gambar :©EpicStockMedia, adobe stock 2019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad