Begini Nasib Terkini Satelit Merah Putih ? - TodayMu.com

Cara Asik Membaca Apa Yang Ada di Internet

Post Top Ad

Begini Nasib Terkini Satelit Merah Putih ?

Begini Nasib Terkini Satelit Merah Putih ?

Share This
Indonesia baru-baru ini kembali meluncurkan satelit gaes, Satelit yang bernama Merah Putih saat ini tengah mengangkasa setelah diluncurkan roket SpaceX pada 7 Agustus lalu di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Kondisi terkininya dalam keadaan baik.

"Solar array sebagai sumber energi satelit telah berhasil di-deploy," sebut Arif Prabowo, Vice President Corporate Communication Telkom di Florida, Amerika Serikat.

Sedangkan thruster utama yang digunakan satelit milik Telkom itu untuk mencapai orbitnya (orbit raising) telah berhasil diverifikas.

"Manuver pertama untuk meningkatkan ketinggian Apogee telah berhasil dilaksanakan dengan durasi 17,374 menit. Seluruh subsistem berfungsi dengan baik dan tidak ada anomali," tambah Arif.

Nah faktanya ni gaes dari peluncuran, masih dibutuhkan waktu 11 hari lagi bagi satelit Merah Putih untuk menuju orbit, jadi kurang lebih ia akan tiba pada tanggal 18 Agustus

Setelah menempati slot orbit 108 derajat Bujur Timur, satelit yang berbobot 5,8 ton ini akan menjalani serangkaian pengujian, apakah sudah berfungsi dengan benar atau kondisinya bagus atau tidak.

Lalu dibutuhkan waktu sekitar 28 hari lagi untuk bisa beroperasi. Sekitar tanggal 15 September, akan ada serah terima dari manufaktur satelit yaitu SSL atau Space System Loral. 

Jika semuanya berjalan sesuai dengan rencana, tanggal 16 September 2018 ini Telkom sudah bisa mengoperasikannya. semoga sukses!

sumber artikel : detik.com
sumber foto : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad