Akhir dari Teka Teki Lukisan "TORCHED H34R7S" Berisi Bitcoin - TodayMu.com

Cara Asik Membaca Apa Yang Ada di Internet

Post Top Ad

Akhir dari Teka Teki Lukisan "TORCHED H34R7S" Berisi Bitcoin

Akhir dari Teka Teki Lukisan "TORCHED H34R7S" Berisi Bitcoin

Share This
Akhir dari Teka Teki Lukisan "TORCHED H34R7S" Berisi Bitcoin
Masih membahas Bitcoin, mata uang yang digandrungi para "Net Minner", nah ada yang unik nih sebuah teka-teki berisi kode akses sebuah wallet bitcoin disisipkan dalam bentuk sebuah lukisan. dan pada akhirnya Puzzle tersebut telah berhasil dipecahkan.

Sekitar tiga tahun loh baru teka-teki ini terpecahkan, setelah diciptakan sebagai tantangan terbuka oleh dua seniman, yakni Rob Myers dan seorang lain dengan pseudonim @coin_artist.

Lukisan dengan judul "TORCHED H34R7S" pertama kali dipublikasikan di awal tahun 2015 dan akhirnya bisa dipecahkan awal tahun 2018. Nilai bitcoin di wallet yang sengaja disiapkan sebagai hadiah mencapai 50.000 dolar AS (sekitar Rp 714 juta) pada saat brankas digital tersebut berhasil diakses oleh si pemecah teka-teki. edyan sekale bukan?


Namun gak disebutkan nih gaes, siapa yang berhasil menguak misteri lukisan tersebut. Berdasarkan informasi dari BBC, hadiah itu diklaim oleh seorang programmer berusia 30 tahun yang enggan disebut namanya.

Lantas bagaimana pemecahan teka teki lukisan yang mengandung bitcoin itu? Nah di sekeliling lukisan terdapat lidah-lidah api aneka warna dengan ukuran beraneka rupa, juga gambar kunci yang dibalut beberapa pita. Di kedua elemen inilah sang seniman menyelipkan kode akses dalam bentuk bilangan biner (angka "0" dan "1").

Warna dan bentuk masing-masing lidah api mewakili bilangan biner untuk dikompilasi dengan operasi XOR (exclusive or), menggunakan cipher alias kunci dari pita-pita di gambar kunci yang merepresentasikan bilangan biner pula.

Setelah urutan biner yang terdapat pada lukisan berhasil di pecahkan, programmer tersebut kemudian mengkonversinya dengan program komputer menjadi private key dompet bitcoin berisi rangkaian 52 karakter huruf dan angka.

Sebenarnya pemecahan sandi bitcoin dengan cara kayak gini tidak terjadi kali ini saja. Januari lalu, seorang mahasiswa PhD di Belgia berhasil memecahkan sandi dari dompet bitcoin yang ketika itu bernilai 0.000 dolar AS (sekitar Rp 142 juta ) dengan cara memecahkan kode yang terdapat pada untaian DNA sintetis.

sumber : kompas/tekno - BBC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad