9 Alat Ajaib Doraemon Yang Jadi Kenyataan - TodayMu.com

Cara Asik Membaca Apa Yang Ada di Internet

Post Top Ad

9 Alat Ajaib Doraemon Yang Jadi Kenyataan

9 Alat Ajaib Doraemon Yang Jadi Kenyataan

Share This
Hayo siapa yang gak kenal sama tokoh satu ini, yupz Doraemon, kucing ajaib karya Fujiko bersaudara yang populer tahun 80an dan 90an pokoknya Old banget dah. Robot kucing yang datang  dari abad ke 22 yang dikirim ke abad 21 melalui mesin waktu, untuk menolong si Nobita yang cengen dah bodoh ha ha ha ha

Dan pastinya semua mengenal kantong ajaib doraemon yang fenomenal, bisa mengeluarkan segala macam barang ajaibnya, yang sebenernya berteknologi tinggi gituh.

Mungkin dulu alat-alat milik Doraemon hanya sebatas imajinasi ajah. Artinya, tidak tersedia atau belum tercipta. Namun seiring dengan perkembangan zaman, sejumlah gadget Doraemon secara tidak langsung berhasil tercipta.

Dari KompasTekno nih gaes yang diambil dari berbagai sumber, langsung disimak ajah yuk

1. Baling Baling Bambu


Doraemon
Alat paling fenomenal dalam serial Doraemon dan bener-bener menghipnotis kita pengen banget bisa punya. Terbuat dari bambu berukuran kecil, alat ini dapat membawa penggunanya ke manapun melalui jalan udara dengan cara menempelkannya ke tubuh.


Bentuknya yang kecil dan bisa dimasukkan ke kantong membuat baling-baling bambu bisa dibawa ke manapun. Biasanya, Doraemon dan teman-temannya memasang alat ini di bagian kepala.

Di kehidupan nyata, gadget seperti baling baling bambu pernah dibuat oleh perusahaan asal Jepang, GEN Corporation. Alat ini diberi nama GEN H4.

Doraemon
Tapi gak sama kayak punya Doraemon sih gaes, GEN H4 memiliki ukuran nyaris sama dengan tubuh manusia. Alat ini dilengkapi dengan dua buah rotor kontra rotasi seperti yang diterapkan pada helikopter, dan satu buah kursi kokpit tanpa kaca depan.


Alat ini diciptakan untuk memenuhi harapan akan penerbangan personal. Bahkan H4 juga sempat dijual di pasaran dengan harga 85.000 dollar AS (Rp 1,2 triliun). Namun sayangnya, pengembangan alat ini tidak dilanjutkan, lantaran kekurangan dana.  yahhh.

2. "Konyaku" penerjemah


Doraemon
Biasanya kalau ke negeri aneh gitu Doraemon selalu menggunakan Konyaku sang penerjemah. Alat ini berupa sejenis gel yang bisa membuat pengguna yang sudah memakannya menjadi paham segala jenis bahasa.


Di kehidupan nyata, fungsi konyaku digantikan oleh mesin penerjemah seperti Google Translate. Menggunakan jaringan internet dan sistem kecerdasan buatan, alat ini dapat menerjemahkan kata ke lebih dari 100 bahasa.

Doraemon
Awalnya, translator ini hanya bisa digunakan saat berada di desktop dan kita musti ngetik saat ini mobilitasnya lebih dinamis. Sebab kata asing yang berada di sebuah gambar bisa diterjemahkan dengan bantuan kamera smartphone.

Belakangan ini translator semakin canggih. Lewat perangkat Google Pixel Buds, penerjemah besutan Google mampu menerjemahkan langsung ke telinga penggunanya, ketika lawan bicara sedang berbicara.

3. Mecha maker


Doraemon

Saat Nobita menginginkan kapal remote control, Doraemon meminjamkan alat bernama Mecha Maker. Alat ini dapat mencetak benda apa pun dalam bentuk 3 dimensi.


Caranya adalah dengan memasukkan desain gambar atau benda tertentu untuk digunakan sebagai bahan yang akan dicetak. Oleh Nobita, alat ini digunakan untuk mencetak mainan remote control.

Doraemon

Alat ini udah beredar dipasaran gaes, Namanya printer 3 dimensi (3D printer). Alat ini dapat mencetak benda apa saja yang dimasukkan melalui komputer CAD.


Melalui sistem komputer yang disambungkan ke mesin pencetak, printer ini mampu mencetak objek 3 dimensi menggunakan sejumlah material.

Biasanya, printer 3D digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang desain. Mesin pencetak ini punya harga beragam, kisaran Rp 3 juta hingga Rp 10 juta per unit.

4. Mesin pembaca mimpi


Doraemon

Dalam serial, alat ini dikeluarkan Doraemon saat Nobita tidak bisa tidur. Alat ini bisa mengintip mimpi siapa saja dan ditayangkan melalui sebuah layar.


Di dunia nyata, Seorang ilmuwan asal Amerika Serikat berhasil menciptakan mesin pembaca mimpi. Alat itu dinamakan NeuroSky.

Doraemon

Sedikit berbeda dengan mesin pembaca mimpi milik Doraemon, NeuroSky tidak menampilkan wujud mimpi secara visual, melainkan berupa grafik yang harus diinterpretasi sendiri.


Karena itulah mesin ini dilengkapi dengan sebuah bandana yang dapat mendeteksi gelombang otak yang dihasilkan saat tidur. Dengan begitu, NeuroSky dapat menebak mimpi yang dialami seseorang melalui grafik frekuensi gelombang alpha dan gama yang ditampilkan pada layar.

5. Jubah tembus pandang


Doraemon
Berwujud serupa kain putih, alat ini dapat membuat pengguna atau benda yang diselimuti jadi tak terlihat. Dalam serial, alat ini digunakan Nobita dan Doraemon ketika kembali ke masa lalu mengunjungi leluhurnya.


Jubah tak terlihat in sebetulnya sudah mulai diwujudkan sejak 2006. Pembuatnya adalah tim ilmuwan yang berasal dari Jepang dan Amerika.

Doraemon
Jubah ini dibuat dari metamaterial yang bisa mencerai-berai gelombang elektromagnetik. Akibatnya, pandangan manusia terhadap suatu benda jadi bias.


Tapi saat ini jubah tembus pandang masih dalam tahap pengembangan. Para ahli menilai bahwa jubah tersebut bisa terwujud 10 tahun mendatang. 
  
6. Ensiklopedia serba tahu


Doraemon
Alat yang satu ini membantu Nobita saat tidak bisa mengerjakan PR lantaran terlalu sulit. Karena merasa kasihan, Doraemon mengeluarkan alat ini untuk membantu Nobita. dan jadi impian orang kayak gw yang gak terlalu pinter ha ha ha


Kalian tentunya tahu Google dan Ensiklopedia, dan dengan adanya itu kita jadi sangat terbantu bukan. Ini direpresentasikan lewat mesin pencari yang banyak digunakan masyarakat, yakni Google Search. Selain itu ada juga Wikipedia.
Google mulai memberi label hasil kroscek fakta di berita-berita di laman hasil pencarian.

Tidak ada yang tidak diketahui Google selama informasi tersebut ada dalam database. Mulai dari cara mengasuh anak, membetulkan peralatan, hingga hal-hal aneh yang terekam dalam mesin pencari internet satu ini.


7. Sarung tangan super


Doraemon
Saat mengenakan sarung tangan super, kekuatan seseorang bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Dalam serial, sarung tangan super ini dikeluarkan Doraemon saat Giant sedang menjahili Nobita.


Doraemon
Di kehidupan modern, sarung tangan super memiliki fungsi yang sama dengan exoskeleton. Bedanya, sarung tangan super hanya dikenakan pada bagian lengan, sementara exoskeleton dikenakan pada seluruh bagian tubuh. Mirip kayak di film-film fiksi sains gitu gaes.


Alat ini mampu meningkatkan kekuatan genggaman tangan berkali lipat. Saat ini, alat tersebut tengah diuji coba untuk diterapkan pada sejumlah bidang, seperti militer dan medis.

8. Satelit pribadi


Doraemon
Satelit pribadi milik Doraemon dapat digunakan untuk memata-matai kegiatan seseorang. Apa pun yang dilakukan oleh target, bisa dilihat secara visual melalui layar.


fungsi satelit pribadi Doraemon udah bisa ditemukan gaes. Sebut saja Google Latitude, Google Maps, dan Google Earth. Dengan satelit milik Google, segala jenis citra dapat ditangkap. Walau sebenarnya tidak semuanya relevan dengan kondisi saat ini.

Tapi, aplikasi ini masih bisa melihat pergerakan orang lain. Contohnya Google Latitude yang mampu mendeteksi ke mana seseorang pergi, atau berpindah secara real time meski tak bisa melihat apa yang sedang dilakukan. di whatsapp juga ada fitur Live nya kan.

9. Saringan air laut

Di episode Petualangan Atlantis, ada sebuah alat berupa sedotan yang mampu mengubah air laut menjadi air minum. Ternyata, di kehidupan nyata alat ini sudah dikembangkan.

Kisaran tahun 2017, tim peneliti asal Institut Teknologi Massachusetts (MIT) berhasil menemukan sebuah alat portabel yang dapat menyaring air laut. Alat ini bekerja dengan proses reverse osmosis.  

Doraemon
Meski ukurannya tidak sekecil alat Doraemon, mesin ini memiliki fungsi yang sama, yakni menjadikan air asin menjadi air layak minum.

Mungkin di Masa mendatang lagi semua alat ajaibnya Doraemon bakal terwujud semua, kecuali ya Mesin Waktu yang menurut ane pribadi sih mustahil ha ha ah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad