Facebook For Creator, Aplikasi Facebook Pesaing Youtube? - TodayMu.com

Cara Asik Membaca Apa Yang Ada di Internet

Post Top Ad

Facebook For Creator, Aplikasi Facebook Pesaing Youtube?

Facebook For Creator, Aplikasi Facebook Pesaing Youtube?

Share This
Facebook For Creator, Aplikasi Facebook Pesaing Youtube?
Bukan facebook namanya kalau tidak melakukan inovasi, kini Facebook semakin serius mengarap konten video berkualitas tinggi. Minggu lalu, Facebook merilis sebuah aplikasi Facebook Creator yang ditujukan kepada para kreator atau pembuat video.

Tujuan dari diciptakan plikasi ini agar para pengguna Facebook dapat membuat dan mempromosikan video buatan mereka. Selain itu, fitur ini juga bisa membuat seleb video berinteraksi dengan penonton mereka.

"Kami terus mengumpulkan masukan dari pembuat konten karena kami sedang mengembangkannya, kami akan terus menerima saran dari komunitas agar Facebook jadi lebih nyaman, sehingga mereka dapat membuat video sebaik mungkin," tulis Fidji Simo, VP Product Facebook.

Bisa menjadi kemungkinan bahwa aplikasi Facebook Creator ini diciptakan untuk bersaing dengan YouTube, yang sampai saat ini lebih kuat dari sisi kanal video. Tapi, kalau dilihat dari sisi ekosistem sosial, Facebook lebih kuat dibandingkan YouTube. mungkin saja nantinya para YouTuber akan berpindah hati pada layanan besutan Facebook.

Rencana Facebook untuk melakukan ekspansi ke pasar Video-Creator telah diumumkan sejak Bulan Juli lalu. Saat ini, Facebook menjanjikan aplikasi Facebook Creator mulai dapat digunakan dalam beberapa bulan mendatang.

Facebook Creator bisa dibilang sebagai rebranding dari aplikasi Facebook Sense yang sudah ada sejak 2014. Namun, layanan ini sebelumnya terbatas pada akun tertentu yang telah diverifikasi oleh Facebook. 

Ada 4 fitur yang membuat Facebook Creator beda dengan Youtube

1. Live Creator Kit. 
Pengguna dapat mengunggah intro seperti lagu latar dan sambutan yang sebelumnya telah disediakan. Pengguna Facebook juga dapat melakukan siaran langsung dan membagikan video mereka tanpa harus mengedit video terlebih dahulu. juga ada beberapa desain bingkai untuk mempercantik video yang akan dibagikan. tak lupa juga disematkan tombol reaksi.

2. kotak masuk terpadu (unified inbox). 
Fitur ini dibuat untuk penonton yang ingin mengirimkan pesan bersifat privat kepada pencipta video.

kreator video juga dapat memoderasi kolom komentar mereka dengan media sosial lain seperti Facebook dan Instagram. Dengan demikian, pemilik kanal dapat menghapus komentar kasar di video mereka tanpa harus berpindah ke media sosial lain.

3. akses facebook Camera dan berbagi Stories menggunakan Creator. 
Pengguna dapat melakukan cross-posting Stories ke aplikasi lain seperti Instagram dan Twitter. 

4. fitur Analitycs. 
Dimana kreator dapat melihat demografi penggemar, serta saran dari Facebook tentang brand apa yang kira-kira dapat meng-endorse mereka.

Dan yang membuat beda dengan youtube, Facebook tidak menambahkan fitur Subscribe. Hal ini tentunya berdampak pada monetisasi dan pendapatan para pencipta video.

Di aplikasi seperti YouTube dan Snapchat, fitur subscribe telah mengangkat derajat dari pencipta video. Selain tenar, mereka juga mendapatkan uang dari jumlah subscriber dan penonton mereka. dan kini aplikasi Facebook for Creator baru tersedia untuk pengguna iOS, untuk android masih coming soon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad