5 Terobosan Teknologi Paling Inovatif 2017 - TodayMu.com - Informatif Edukatif Inspiratif

TodayMu.com - Informatif Edukatif Inspiratif

Inovatif, Kreatif, Edukatif, Inspiratif dan Berbeda

Post Top Ad

5 Terobosan Teknologi Paling Inovatif 2017

5 Terobosan Teknologi Paling Inovatif 2017

Share This
Perkembangan teknologi pada tahun 2017 memang lumayan cepat dan pesat sekale! secepat hubungan putus nyambung gua sama dia! ehem napa jadi curhat? lupakan!
Di semua sektor industri, baik itu perangkat keras, perangkat lunak bukan empuk, maupun ekosistem mengalami kemajuan yang agresif.

Dan kemajuannya pun mampu menciptakan inovasi yang makin membantu manusia dalam kehidupan sehari-harinya.

Tadinya dulu yang kayaknya gak mungkin bisa dilakukan, kini jadi bisa dilakukan berkat kemajuan teknologi baru-baru ini.

Berdasar data dari laman MIT Technology Review, ada lima terobosan teknologi yang inovatif banget serta mencuri perhatian dunia, langsung aja gak usah kelamaan, check it out!

1. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) untuk Chatbot

Yupz! Kecerdasan buatan salah satu terobosan teknologi yang bener-bener menyita perhatian pada 2017. Walau bukan barang barung, tapi dari waktu ke waktu kecerdasan buatan terus berkembang. Demikian pula dengan machine learning.

Di sepanjang 2017 para ahli menyebutkan, akan makin banyak perangkat yang bakal dibekali kecerdasan buatan dan machine learning.

Perusahaan-perusahaan teknologi besar dunia seperti Google, Amazon, Apple, IBM, dan banyak lainnya di tahun ini jadi persaingan ketat dalam mengembangkan teknologi kecerdasan buatan mereka di produk masing-masing. Oleh karenanya, perkembangan dan penggunaan machine learning akan meluas di dunia teknologi.

Tahun ini sendiri, implementasi kecerdasan buatan sangat bertumpu pada penggunaan asisten virtual dan chatbot. Chatbot adalah salah satu inovasi asisten virtual dalam pesan instan dengan basis kecerdasan buatan. Ia memegang porsi besar dalam berinteraksi dengan manusia.

Selama tiga tahun ke depan, chatbot akan berekspansi ke banyak platform chat. Ini artinya, semakin banyak pengguna akan memakai chatbot sebagai "asisten" untuk membantu kehidupan sehari-harinya. kita tunggu ajah dah!

2. Truk Otonomos

Yahoooo, kendaraan tanpa sopir (otonomos) akan jadi tren teknologi dalam beberapa tahun ke depan, yang dulunya cuman ada di pilem-pilem kayaknya bakal segera hadir nyata didunia. Pada 2017, truk otonomos justru menjadi fokus utama dalam kendaraan otonomos.

Salah satu contonya Waymo, unit perusahaan yang ada di bawah naungan Alphabet induk perusahaan Google, diketahui tengah menggarap truk otonomos.

Perusahaan yang berupaya keras dalam pengembangan dan perluasan teknologi otonomos miliknya itu memprediksi teknologi ini akan mampu menangani rute lebih jauh ketimbang rute yang biasanya dijangkau truk konvensional. Dengan begitu, pengemudi manusia diproyeksikan menangani pengiriman rute lebih pendek. akankah berhasil? kita tunggu aja perkembangannya.

3. Teknologi Pemindaian Wajah

Yang tadinya yang tenar fingerprint sama iris, kini saatnya pemindaian wajah (facial recognition) menjadi tren teknologi selanjutnya yang bakal populer.

Teknologi ini bisa "membaca" wajah manusia hanya dalam hitungan detik saat membuka sebuah perangkat. Ke depannya, pemindaian wajah bakal bisa diimplementasikan secara utuh untuk metode pembayaran atau beberapa kepentingan publik lainnya.

Pemindaian wajah dapat digunakan untuk tujuan positif, seperti membantu orang membuka kunci perangkat selulernya dengan aman, mengakses rekening bank, dan melakukan pembayaran digital. Ini dapat membantu orang mengelola foto dan membagikannya dengan teman.

Alat ini bahkan bisa digunakan untuk menemukan anak yang hilang dan diculik serta untuk membantu petugas mengonfirmasi apakah wisatawan memiliki paspor asli. hebat bukan?

4. Smartphone Bezeless

iPhone X dan Xiaomi Mi MIX 2 salah satu contoh untuk Teknologi layar tanpa bingkai (bezeless) terbukti bisa diimplementasikan pada smartphone di 2017. 

Guna dari layar bezeless ini juga diklaim dapat memangkas beberapa tombol yang tak lagi dianggap penting, seperti tombol "Home" fisik. tapi HP sony gw juga gak ada tombol fisiknya loh!

Bukan tidak mungkin, teknologi ini juga akan berlangsung lama dalam waktu beberapa tahun ke depan. Bisa jadi, smartphone bezeless akan hadir dalam range harga entry level hingga mid-end.

5. Layanan On-Demand

Inih yang gak kalah nge Trend! munculnya banyak aplikasi yang menawarkan layanan sesuai permintaan, tak dimungkiri sangat memudahkan pengguna. sekarang ini mau menonton film, mendengar musik, berbelanja, termasuk memesan kendaraan, sudah dapat diakses melalui aplikasi smartphone. tinggal klak klik ajah!

Dan 2017 menjadi tahun dengan penggunaan aplikasi terbesar. Tahun ini, peningkatan penggunaan layanan on-demand diperkirakan akan melonjak tajam, mengingat penetrasi smartphone pun kian luas.

Yah semoga dengan berkembangnya teknologi ini justru tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi manusia yak gaess!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad