Silahkan Tidur Tenang Mbloogs, Misteri Pembangunan Piramid Terungkap! - TodayMu.com - Informatif Edukatif Inspiratif

TodayMu.com - Informatif Edukatif Inspiratif

Inovatif, Kreatif, Edukatif, Inspiratif dan Berbeda

Post Top Ad

Silahkan Tidur Tenang Mbloogs, Misteri Pembangunan Piramid Terungkap!

Silahkan Tidur Tenang Mbloogs, Misteri Pembangunan Piramid Terungkap!

Share This
Silahkan Tidur Tenang Mbloogs, Misteri Pembangunan Piramid Terungkap!
todaymu.com - Kalian pastinya gak asing dengan yang namanya Piramid, apalagi Piramid Giza, dibalik keren dan megahnya Piramida Agung Giza, ternyata menyimpan misteri yang masih coba diungkap para ilmuwan dan arkeolog, yaitu bagaimana bangunan ini dibangun? Temuan terbaru diyakini menjadi jawaban atas pertanyaan diatas mbloog.


Bicara soal gimana Piramida dibangun sendiri emang menarik banget mbloogs. banyak pertanyaan-pertanyaan perihal pembangunan karena material Piramida itu batu-batu gede, terus gimana ngangkutnya padahal dahulu teknologi masih minim pada jaman mesir kuno. 

Berbagai penelitian sebelumnya para arkelog mengungkapkan, bahwa bebatuan tersebut dibawa sejauh delapan mil dari Giza ke sebuah tempat bernama Tura. Sementara bahan granit digali dari jarak lebih dari 500 mil. Adapun cara bagaimana bahan-bahan ini diangkut, masih menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan.

Dan bukti baru yang ditemukan para arkeolog menjelaskan, orang zaman Mesir Kuno mengangkut lebih dari 170.000 ton batu kapur untuk membangun Piramida Agung Giza, menggunakan perahu yang dibuat khusus.

"Kami telah menguraikan pusat cekungan kanal yang dijadikan area pengiriman utama ke kaki dataran tinggi Giza," ungkap arkelogis asal Amerika Serikat Mark Lehner yang sudah berpengalaman 30 tahun melakukan penggalian di Mesir. 

Infromasi ini sendiri didapat dari gulungan kertas papirus kuno, berbagai potongan bekas badan perahu dan jaringan saluran air di lokasi Piramida. Hasil penelitian mengungkapkan bagaimana bangunan berusia lebih dari 4.000 tahun ini dibangun pada 2.550 SM. 

Informasi yang tertera di gulungan kertas papirus tersebut ditulis oleh seorang lelaki bernama Merer. Dia diketahui adalah seseorang yang memimpin sekitar 40 pelaut. Para arkeolog meyakini ada ribuan pekerja terlatih yang menggunakan perahu untuk menyusuri kanal yang digali sepanjang Sungai Nil. Pelayaran ini bertujuan mengangkut batu kapur. Perahu-perahu ini disatukan oleh tali tebal yang dipilin. Beberapa di antaranya masih dalam kondisi baik saat ditemukan. 

Setelah mengumpulkan bahan-bahan bangunan tersebut, para pekerja membawanya ke sebuah pelabuhan yang berjarak beberapa meter dari dasar Piramida. Total, ada sekitar 2,3 juta blok batuan terkirim dengan cara ini selama dua dekade.

Jadi begitu mbloogs ceritanya, gimana udah ngeh belum? silahkan tidur nyenyak ha ha ha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad