Hanya Dari Kiriman Foto, Whatsapp Bisa Dibajak - TodayMu.com

Cara Asik Membaca Apa Yang Ada di Internet

Post Top Ad

Hanya Dari Kiriman Foto, Whatsapp Bisa Dibajak

Hanya Dari Kiriman Foto, Whatsapp Bisa Dibajak

Share This
Hanya Dari Kiriman Foto, Whatsapp Bisa Dibajak
Walau Whatsapp sudah dienkripsi nyatanya Enkripsi yang diterapkan di aplikasi mesengger tetap tidak terjamin keamanannya. WikiLeaks, mengungkapkan bahwa badan intelijen AS yaitu CIA tetap bisa meretas aplikasi chatting walau sudah dilindungi dengan end-to-end encryption mbloo.
Belum lama ini Check Point sebuah firma keamaan mempublikasikan sebuah bug/celah keamanan yang terdapat di versi web dari dua aplikasi messaging populer, WhatsApp dan Telegram.

Bug tersebut bisa dimanfaatkan hacker untuk meretas dan mengambil alih akun pengguna WhatsApp dan Telegram via web. Caranya adalah dengan mengirim foto atau gambar yang sudah disusupi kode berbahaya. simpel bukan? dan tentunya berbahaya! ngeri!

Cara kerjanya yakni begitu kiriman foto tersebut dibuka, kode berbahaya bekerja dan mengeksekusi lalu mengalihkan pengguna ke laman HTML berisi malware. Malware itu kemudian bisa digunakan untuk mengakses semua data yang disimpan secara lokal di komputer.

Dengan mengirim foto, seorang penyerang bisa mengambil alih akun, mengakses history pesan, semua foto yang pernah dibagikan, lalu mengirim pesan atas nama pengguna,” ujar Oded Vanunu, head of product vulnerability research Check Point,  KompasTekno dari The Verge, Kamis (16/3/2017).

Dalam penjelasannya, Check Point mengatakan hal diatas terjadi karena WhatsApp dan Telegram versi web tersinkronisasi dengan akun pengguna di ponsel.
Dan kita cukup lega mbloo pada 8 Maret lalu, Check Point telah melaporkan keberadaan Bug tersebut kepada WhatsApp dan Telegram. dan tentunya mereka langsung tanggap dan memperbaikinya

Saat Check Point memberi laporan, kami langsung menanggapinya dalam sehari dan merilis update untuk WhastApp Web. Mohon restart browser untuk memastikan bahwa Anda memakai versi terbaru,” ujar seorang juru bicara WhatsApp.

So, mau secanggih apapun teknologi tetap pasti ada kekurangannya! yang jelas selain berhati-hati kita wajib dengan yang namanya bijak dalam menggunakan teknologi! Sip!

sumber : Kompas Tekno | The Verge |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad