Google Doodle Merayakan Ultahnya Pak Raden ( Suyadi ) - TodayMu.com

Cara Asik Membaca Apa Yang Ada di Internet

Post Top Ad

Google Doodle Merayakan Ultahnya Pak Raden ( Suyadi )

Google Doodle Merayakan Ultahnya Pak Raden ( Suyadi )

Share This
Google Doodle Merayakan Ultahnya Pak Raden ( Suyadi )
Pas buka Google kok ada Doodle bapak-bapak ditemani anak-anak kecil, ane klik muncul tulisan Suyadi, Who is This ? ealahh ternyata beliau adalah pencipta tokoh si Unyil, yaitu Pak Raden Plok-plok, dan ternyata di Google Doodle beliau di kelilingin tokoh-tokoh buatannya.


Wah terima kasih banget nih Google, udah kembali mengingatkan ane pribadi kepada sosok inspirasi dimana dulu masa kecil ane penuh dengan gemberi ria. sedikit mengenal Pak Raden yuk atau namanya aslinya adalah Suyadi. 

Drs Suyadi atau biasa dikenal dengan nama Pak Raden adalah pencipta boneka Si Unyil. Suyadi lahir di Puger, Jember pada 28 November 1932 dan telah wafat di RS Pelni Petamburan, Jakarta Selatan 30 Oktober 2015. Ia wafat pada saat usianya menginjak 82 tahun.
Belum pernah mengecap pendidikan di Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1952 hingga 1960. dan kemudian melanjutkan pendidikannya dari ITB ke Prancis untuk belajar animasi pada 1961 hingga 1963.

Kembali ke Tanah Air, Suyadi langsung berkutat untuk membuat tayangan Si Unyil. Tayangan yang sarat edukasi itu lalu muncul pertama kali di stasiun televisi TVRI pada April 1981. dan kalian wajib tahu Si Unyil karya Pak Raden merupakan tayangan edukasi anak yang menghibur dan sarat nilai Indonesia dan tidak akan tergantikan. dan ane sangat rindu sekali tayangan-tayangan seperti ini bisa hadir kembali di Televisi-telivisi kita yak mbloo, *ambil tisu terharu
Google Doodle Merayakan Ultahnya Pak Raden ( Suyadi )

Tau gak mbloo, kalimat Hompipah halaiyum gambreng, asal mulanya dari situ juga, duh ane jadi beneran kangen ama masa kecil ane dah!

Selain karya fenomenal Si Unyil, beliau juga pernah didaulat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat Sekolah Dasar.
Meski beliau sudah tidak ada karyanya tetap dikenang, Happy Birthday Pak Raden!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad