Nokia Kembali Bangkit! - TodayMu.com

Cara Asik Membaca Apa Yang Ada di Internet

Post Top Ad

Nokia Kembali Bangkit!

Nokia Kembali Bangkit!

Share This
Ponsel Nokia Siap Bangkit
image source curiousmindbox.com

Siapa yang gak kenal dengan ponsel nokia mbloo? kembalinya Nokia memasarkan ponsel dan juga tablet disambut gembira oleh para fans-nya termasuk gue mbloo dan juga tentu saja oleh negara asalnya, Finlandia. Secercah harapan muncul bahwa ponsel Nokia bisa kembali berkibar seperti dulu.

Saat divisi milik ponsel Nokia tumbang dan diakuisisi oleh Microsoft, Finlandia memang kena getahnya. Bagimana tidak mbloo, Ribuan karyawan kena PHK dan ekonomi negara itu terkena dampak negatif. Bayangkan saja, dari semula mempekerjakan 24 ribu orang di masa jaya, pegawai Nokia di divisi ponsel kemudian tinggal seribuan.

Sebagian warga Finlandia antusias dengan rencana kembalinya sang nama legendaris di jagat ponsel dunia. "Nokia dulu adalah merek yang hebat. Aku akan mencobanya lagi. Mungkin ini akan menjadi hal yang bagus," kata Helena Arvola, seorang pekerja laboratorium di kota Kuopio saat ditanya mengenai kabar tersebut.

Dipuncak popularitasnya pada tahun 2000-an memang Nokia adalah perusahaan Finlandia paling terkenal. Pada masa keemasan itulah, Nokia mampu menyumbangkan 4% dari GDP Finlandia dengan kapitalisasi pasar pernah menembus USD 337 miliar.

Saat ini Finlandia tak sehebat dulu lagi perekonomiannya, di mana pengangguran mencapai angka 9%. Maka jelas, kebangkitan Nokia di jagat ponsel sangat mereka harapkan. Nokia masih punya modal, nama besar dan identik dengan handset berkualitas.

Akan tetapi tetap menjadi jalan yang tidak mudah bagi Nokia untuk kembali mengaum seperti dulu, walaupun mereka akan memakai sistem operasi terpopuler saat ini, yaitu Android. Samsung, Apple dan deretan vendor asal China bukan lawan yang mudah ditaklukkan.

"Di antara merek-merek ponsel yang sudah tenggelam, Nokia barangkali memang merek yang paling kuat. Namun mereka akan terjun di pasar yang ultra kompetitif," sebut Daniel Gleeson, analis industri  di IHS seperti yang dikutip portal detikINET dari Bloomberg,

Nokia, yang sekarang fokus di industri infrastruktur telekomunikasi, mungkin sadar dengan risiko untuk terjun sepenuhnya di bisnis ponsel. Maka mereka mengambil langkah aman, di mana pembuatan dan pemasaran handset mereknya diserahkan ke pihak ketiga, yakni perusahaan baru yang berbasis di Finlandia bernama HMD Global Oy.

Detik Inet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk tidak menaruh link dalam bentuk apapun

Post Bottom Ad